Cinder

  • Judul: Cinder
  • Penulis: Marissa Meyer
  • Penerbit: Spring
  • Tahun terbit: 2015
  • Genre: Fantasi, dystopia
  • Halaman: 385

Processed with VSCO with c4 preset

Buku ini merupakan buku pertama dari lima seri Lunar Chronicle.

Mengambil setting di sebuah negara bernama New Beijing, pada era ketiga, yaitu masa setelah terjadinya perang dunia  ke empat. Wabah penyakit yang diberi nama Letumosis dengan cepat menyebar ke seluruh dunia, mengecam seluruh penduduk bumi yang tak hanya terdiri dari manusia,namun juga cyborg dan android. Ditambah lagi bumi sedang berada di ujung tanduk karena ratu bulan sedang menunggu waktu yang tepat untuk menyerang. Penduduk bulan dulunya adalah penduduk bumi yang kemudian pindah ke bulan, seiring waktu mereka mengalami perubahan sehingga dapat memanipulasi pikiran.

Cinder adalah seorang cyborg dan mekanik ternama di New Beijing, Cinder benci hidupnya, ia membenci ibu tirinya yang terlalu mengekangnya, ia benci manusia yang memandangnya dengan tatapan jijik. Hingga suatu kejadian membawanya pada kebebasan, dimulai dengan pertemuannya dengan pangeran Kai. Namun ternyata kebebasan itu bukanlah kebebasan yang selalu didambakannya, ia tidak mengira bahwa pertemuannya dengan pangeran Kai akan membawanya terjebak ke dalam perseteruan antara Bumi dan Bulan.

Buku ini menurut saya sangat menarik karena dapat membuat saya membayangkan akan apa-apa yang belum pernah saya lihat bahkan saya bayangkan sekalipun. Imajinasi si penulis mampu membuat saya terkagum-kagum akan deskripsinya tentang Bumi di masa depan. Cerita tentang perseteruan Bumi dan Bulan juga sangat menarik meskipun tidak (mungkin belum) diceritakan mengapa sang ratu Bulan membenci Bumi.

Karakter Cinder diambil dari  dongeng Cinderella, bukan hanya karakter namun juga plot yang kemudian disulap menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda namun tetap memiliki kemiripan dengan alur cerita Cinderella.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: