Eleanor and Park

  • Judul: Eleanor and Park
  • Penulis: Rainbow Rowell
  • Penerbit: St. Martin’s Griffin
  • Tahun terbit: 2013
  • Genre: Young Adult, Romance
  • Halaman: 325

IMG_0035_1462338437873-01[1]

Sudah siapkah kamu jika tiba-tiba kesadaranmu terbawa kembali ke masa akan cinta pertamamu? Kalau belum, sebaiknya jangan baca buku ini.

Bercerita tentang seorang gadis remaja yang baru saja pindah ke kota baru, Eleanor. Dengan gaya berpakaian yang asal dan rambut merah terang, ia langsung menjadi cemoohan teman-teman barunya di hari pertama dalam bus sekolah. Tepat sebelum Eleanor menangis karena tidak ada yang ingin duduk bersama anak baru, seorang laki-laki bergeser dari tempat duduknya untuk berbagi tempat, seorang anak Asia, Park.

Karakter Eleanor dibuat sangat pendiam, misterius, seolah menyimpan banyak penderitaan, meskipun berusia sekitar 14 tahun namun karakter Eleanor terkesan jauh lebih dewasa. Sebaliknya, Park selayaknya remaja laki-laki pada umumnya, yang seiring berjalannya waktu mulai memendam rasa suka kepada Eleanor namun ia bahkan tidak tahu bagaimana memulai pembicaraan meskipun setiap hari duduk bersebelahan di bus sekolah dan bertemu di beberapa kelas.

Kisah cinta mereka dimulai dengan cara yang unik, dari berbagi komik sampai saling membuatkan  mixtape, khas romansa anak-anak muda pada tahun 1980an. Diceritakan dengan bahasa yang ringan meskipun menurut saya ceritanya datar sampai pada sepertiga akhir, namun kisah cinta Eleanor dan Park yang manis sukses membuat saya ingin membalikkan halaman lagi, dan lagi. Buku ini terasa begitu nyata, hingga seketika akan mengingatkanmu pada kisah cinta pertamamu, saat menyukai dengan diam-diam, jatuh cinta secara perlahan, hingga melakukan berbagai hal kecil yang romantis.

Namun bersiap-siaplah untuk kecewa karena ending dari novel ini tidak seperti apa yang diharapkan oleh pembacanya. Saya pribadi sedikit kecewa dengan akhir cerita Eleanor dan Park yang terkesan menggantung dan tidak jelas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: